optimalisasi SEO terampuh!

Posted by Maulana Sp on Sabtu, 31 Juli 2010 , under | komentar (19)






Pada postingan kali ini ane ingin memberi sesuatu yg sedikit berbeda dari postingan-postingan sebelumnya,yg sebelumnya hanyalah berisi tentang blogger tutorial,maka sekarang ane akan juga membahas masalah SEO,postingan ini saya simpulkan dari blognya kang salman.ada yg belum kenal SEO?kalo bagi pemula ga tau ya ga masalah,tapi ini yg uda beruban dengan dunia ngeBlog ya masyaAllah,hehehe,oqelah kalo begitoh kita langsung ke TKP aja pak..

Sekarang nih ane mau ngejelasin gimane mengOptimalisasikan Search Engine Optimizer,entah namanya Search Engine Optimization?ampe sekarang saya belum tahu pasti,pokoknya yang biasa kita sapa SEO.SEO adalah makhluk yg harus paling diperhatikan,bias dibilang manja,kenapa saya bilang manja?karena SEO menyangkut ranking blog anda,sedikit saja kita berpaling darinya maka ia akan merengek,marah,ngambek dan bahkan DENDAM ama kita,wah bahaya nih,beneran manja!

Apakah anda sudah tau apa itu SEO ? ?balik ke pertanyaan tadi,kok ngga ada yg ngejawab?oke deh nih w jelasin..
SEO adalah sebuah trik yg dipakai oleh pemilik situs atau pemilik blog untuk mengoptimalkan site atau blog mereka supaya mendapatkan rangking yg baik dimata search engine.kayak dapet ranking di raport sekolah gitu..

ini juga sama dengan cara menaikkan alexa rank,tw apa itu alexa rank?kapan-kapan aja ya di jelasin tentang alexa ini,kali ini biar tentang seo dulu,jd anda harus bersabar hehe..


ini dia Tipsnya:

1. Isi yang orsinil.
satu yg perlu di ingat agar blog anda punya rangking yang bagus di depan mata mesin pencari adalah isi dari blog anda adalah original,karya tangan anda sendiri atau dengan kata lain bukan hasil copas dari hasil tangan orang lain. Selain sebagai optimalisasi pada mesin pencari, tindakan kriminalitas copy paste dapat menimbulkan permasalahan bagi pemilik asli karya tersebut dan anda khususnya,jadi jangan sekali-kali punya HOBI copas.


2. menggunakan Meta tag
Apa Meta tag itu ? Meta Tag adalah keyword-keyword yg di letakkan di “head” dalam susunan html template blog, area head ini berguna sekali jika dihubungkan dengan search engine, karena keyword Meta Tag ini akan akan menjadi sebuah kunci di search engine


3. keyword meta Tags yg sesuai dengan isi blog anda.
anda disarankan untuk memasang meta keyword untuk blog anda supaya search engine dengan mudah mencari blog anda,jangan sampe isi blog anda tentang monyet,tapi anda isi dengan keyword kerbau,hehehe,kidding

4. pilihlah template yg baik.
maksud dari memilih template yang baik di sini adalah template yang pertama di loading adalah bagian postingan bukan bagian sidebar apalagi bagian footer


5. Sebaiknya jangan memilih template yang sidebarnya berada di sebelah kiri serta kanan.
yg ini saya rasa nggak perlu dijelasin lagi deh hehe,tp beda dengan template yg saya gunakan,template saya unik dalam artian blog saya hanya akan taerlihat 3 kolom dibagian home pagenya saja,dan seterusnya jika anda mengklik salah satu judul postingan saya maka sidebar kiri akan hilang di telan bumi,wkwkw

6. hindari keseringan mengganti template.
Terlalu sering anda menganti-ganti tamplate akan berdampak pada posisi anda di google dan mesin pencari lain.istilahnya seperti menggonta-ganti pacar,mengapa?karena kamu membuat mbah google cs bingung sebenarnya kamu maunya apa sih?, salah-salah kamu akan di anggap spammer dan di banned deh..


7. hindari pemasangan data yg berat di sidebar kiri.
nah bagi kamu yg suka bersolek atau mempercantik blognya saya sarankan alihkan sidbar anda ke halaman khusus.jangan memasang,banner,animasi,iklan.jam,atau apalah disebelah kiri karena itu hanya akan memperlambat loading blog kamu

8. gunakanlah underline,bold,dan italic.
Penggunaan hurup underline,bold,dan italic pada kata-kata yang dianggap penting pada posting sangatlah baik untuk kesehatan optimalisasi mesin pencari.contoh, postingan kita membahas tentang tutorial blogger, maka pada kata-kata tutorial blogger tersebut kita cetak secara tebal, miring, atau garis bawah.namun inget-inget kalo makenya kebanyakan bisa berakibat fatal,karena bisa di anggap spamer oleh mbah google cs,jd yg wajar-wajar aja..

9. gunakanlah tag "alt" pada setiap kode gambar.
mbah google cs pada umumnya ngga terlalu paham arti dari sebuah gambar,oleh karena itu kita harus menambahkan tag "alt" pada kode gambar anda. Tag "alt" merupakan singkatan dari "alternatif", jadi mbah google cs akan lebih mengenali maksud gambar kamu apabila memakai tag "alt".

10. dilarang menggunakan hidden text atau hidden link!
maksud dari hidden text atau hidden link adalah membuat sebuah text atau link berwarna sama dengan templatenya sehingga tampak oleh visitor blog kecuali yg udah ngebuka mata batinnya,hehe.Jadi untuk yang satu ini jangan coba-coba di lakukan, sebab akan membuat mbah google cs murka murka blog kamu karena di anggap menipu visitor.

salah-salah blog anda akan dikutuk jadi monyet,astagfirullah,yg ini boongan,haha

11. Usahakanlah blog anda di-link oleh banyak blog atau website.
Semakin bejibun blog atau situs membuat link ke blog kamu, maka semakin keren pula penilaian mbah google cs terhadap blog kamu, dan yang lebih baik lagi apabila blog anda di link oleh yang mempunyai page rank yang tinggi,wah ini jelas akan meningkatkan kepopuleran blog anda!

12. Buatlah rantai tautan antara postingan satu ke postingan lainnya.
Salah satu dari sekian banyak usaha yang bisa dilakukan oleh kita sendiri adalah me-link-kan suatu postingan dengan postingan lain,seperti sebuah rantai,example ane sering membuat text-text yg mengandung link seperti silahkan klik di sini, silahkan baca artikel ini, de el el sehingga antara postingan yang satu dengan yang lainnya jadi saling bertautan satu sama lain.


13. hindari broken link.
ini memang saya akui sulit untuk memperbaikinya apalagi jika postingan kita udah mejibun,terasa sulit sekali untuk mencarinya.tapi anda jangan takut mungkin beberapa hari yg akan datang insyaAllah saya akan membuat postingan yg akan membantu anda dalam masalah ini.


14.rajin-rajinlah mengupdate blog anda!
ini adalah cara terampuh dari segala yg terampuh dari sekian banyak cara,bahkan seorang seomaster pun bisa terbalik oleh seorang blogger yang mengunakan jurus seo ini.


udah dulu postingan kali ini yah..

Kalau ada sumur di ladang

Bolehlah kita menumpang mandi

Kalau ada umurku panjang

Bolehlah kita bertemu lagi.

..........

membuat form kontak admin

Posted by Maulana Sp on Jumat, 23 Juli 2010 , under | komentar (13)



Ini dia nih,cara membuat form kontak admin versi kontactr,bagi seorang blogger yang mempunyai identitas yang jelas tentu merupakan sebuah kewajiban untuk memasang form kontak admin di blognya.lantas untuk apa ini?Ini adalah sebuah fasilitas untuk memudahkan perinteraksian antara pengunjung blog dengan orang yg mempunyai blog tersebut atau biasa kita sebut admin. Form kontak ini wajib desidiakan,hal ini bertujuan untuk..untuk apa yah?gini deh,misalnya apabila si-pembaca blog kalian kesulitan ataupun ingin memberikan pertanyaan,yang selama ini sudah membenak di hati mereka,mereka dapat dengan mudah untuk bertanya dengan fasilitas yang disediakan oleh form kontak,jadi kita harus ber syukur karena telah diberikan kemudahan
untuk demonya silakan klik di form kontak saya disini
di jaman sekarang banyak situs-situs yang menyediakan jasa pembuatan Form kontak secara Online. Pada postingan kali ini,masih sama dengan kemaren saya akan kembali memberi label untuk postingan saya yaitu Tutorial Blog ,dengan title "cara membuat form kontak pada Blog "dengan layanan yang diberikan dari Kontactr,ayo dengerin dengan seksama!

gini loh caranya!

ngedaftar dulu bang..


1. silaturahim ke http://www.kontactr.com/

2. cari makhluk yg bernama Sign UP

Membuat Form Contact Admin Di Blog


3. Isi form pendaftaran Sign Up , nama anda siapa?alamat e-mail anda apa?nama pacar anda siapa?username yg valid,pasword,dan password lagi,kalo udah lalu klik sing up.
Form Contact Admin Di Blog


4. dan bila registrasi sukses maka akan muncul makhluk ini tiba-tiba,hehe

Contact Admin Di Blog

5. beberapa saat kemudian kita akan kedatangan tukang pos dan di beri sebuah surat,hehe ngga mungkinlah,jaman sekarang masi maen surat?hahaha.jadi Kita akan dikirimi email activation dan buka email anda dan buka link verifikasi.

6. Kemudian Login menggunakan account anda,yang jelas bukan akun saya.emang elo tw akun dan password saya?kalo tau silakan saja,kalo berani,hehe kidding aja,jangan takut seperti itu.
Form Contact Admin

7. Pada jendela Contro Panel, anda akan disuguhkan beragam kode Ajax & HTML

Membuat Form Contact Admin Di Blog

 Form Contact Admin Di Blog

Cara Membuat Form Contact Admin Di Blogspot


8. Untuk pemilihan kode form pilih yang HTML Embed Widget.

lalu apa?

letakkan di blog anda!


Sesudah kita mencopy kodenya,sekarang ini saatnya untuk meletakkannya di blog kita,terserah anda ingin meletakkannya di gadget atau postingan?
kalo saya sih postingan saja.

1. Login ke Blogger

2. Pilih New Post/Posting Baru

3. Copy kode tsb di posting editor

4. Publish

5.Selesai Deh,ye....

Semoga Berhasil Yah...

kalo ada yg belum mengerti silakan berkomentar,insyaAllah saya bantu..


daftar isi cantik ala jQuery

Posted by Maulana Sp on Kamis, 22 Juli 2010 , under | komentar (5)



Berawal dari blogwalking ke blog sobat saya ojelhtc, ketika saya hendak mengarungi lautan artikel dalam blognya saya menemukan sesuatu di bagian daftar isinya,apa penemuan itu?penemuan itu adalah penampilan daftar isi itu sendiri,yg menurut saya sangat memukau akan keindahannya(menurut saya),dan saya mulai tertarik untuk ikut memasangnya di markas saya model daftar isi ini tergolong unik,dimana cara pengambilannya berdasarkan label atau kategori blog sehingga tidak terlalu panjang dan ringkas dan terkesan rapi,juga Blog anda akan terkesan lebih Profesional,untuk demonya anda bisa lihat pada gambar dibawah ini atau lihat langsung daftar isi di blog saya disini


Cara Membuat Daftar Isi Model JQuery Accordion

gimana ni?merasa tertarik?kalo ya,saya akan ngajarin kamu cara ngebuatnya,perhatikan dengan baik..
tak Usah Berbasa-basi Lagi,kita tu de poin saja .Ikuti ayat-ayat Berikut Ini...

  1. Login Ke Blogger.
  2. Masuk Ke Rancangan Lalu Edit HTML.
  3. Cari Kode Di Bawah Ini
  4. ]]>Lalu
  5. Masukan (copy paste) kode CSS dibawah ini diatas kode pada Langkah 4:

#dafis-acc{ font-family:"Trebuchet MS", Tahoma, Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size:12px; color:#333; background:url(http://lh3.ggpht.com/_xcD4JK_dIjU/S-KAWJugl3I/AAAAAAAAEBg/bY_3UzrECSg/d/bg5.gif) repeat-y scroll left center #E7F7FB; padding:2px 0; border:1px solid #339DC6; } .dafis-label{ background:url(http://lh6.ggpht.com/_xcD4JK_dIjU/S-KAVk09KSI/AAAAAAAAEBc/Tqfaca2nwmo/d/bg4.gif) repeat-x scroll 0 0 #E1F4FB; font-weight:bold; line-height:1.4em; overflow:hidden; white-space:nowrap; vertical-align: baseline; margin: 1px 3px; outline: none; cursor: pointer; text-decoration: none; padding: 2px 10px; color: #fff; text-shadow: 0 1px 1px rgba(0,0,0,.3); border:1px solid #2F94BA; } .dafis-label:hover{ background:url(http://lh3.ggpht.com/_xcD4JK_dIjU/S-KAVlLiuVI/AAAAAAAAEBU/Hd-n_8N7qak/d/bg2.gif) repeat-x scroll 0 0 #E1F4FB; color:#003366; } .dafis-daf ol{ margin:0 0 0 30px !important; padding:0 !important; } .dafis-daf ol li{ background-color:#C9E9F4; line-height:1.5em; margin:1px 3px !important; white-space:nowrap; text-align:left; border:1px solid #339DC6; } .dafis-daf ol li a{ text-decoration: none !important; color:#333 !important; display:block; padding-left:10px; } .dafis-daf ol li a:hover{ background: #7BC4DF; border-left: 5px #333 solid; padding-left: 5px; text-shadow: 0 1px 1px rgba(0,0,0,.3); }


Cssnya Sudah Dirapatkan Sedikit..
6.Cari kode dibawah ini:
</head> atau head

Langkah 7.
Masukan (copy paste) kode javascript dibawah ini diatas kode pada Langkah 6:

<script type='text/javascript' src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js'/>

Lalu Simpan Template dan Langkah Terakhir Buat sebuah artikel dengan judul terserah anda (misal; Daftar Isi atau Table of Content) Lalu Ke Mode Edit HTML lalu Masukan (copy paste) kode dibawah ini ke dalam artikel :

<script type="text/javascript" src="http://hensblog.googlecode.com/files/dafis_accv1.js"></script>
<script src="http://NAMABLOGANDA.blogspot.com/feeds/posts/summary?max-results=1000&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

ubahlah NAMABLOGANDA yg ada dalam kode dengan nama blog anda,jangan dengan alamat blog saya.ntar akan terjadi hal yang tak diinginkan,dan selesai sudah..
kalo menurut kamu ini bermamfaat silakan berikan komentar sahabat dibawah ini.


navbar statis cantik versi apture

Posted by Maulana Sp on Rabu, 21 Juli 2010 , under | komentar (2)



Cara Pasang Navbar Statis Ala Apture
weh,jumpa lagi! pada postingan kali ini saya akan memberitahu sebuah artikel yg berlabel tutorial blog mengenai Navbar Statis cantik Ala Apture,sudahkah anda bosan akan navbar warisan blogger yg selama ini anda pakai?jika jawabannya ya,berarti anda pantas untuk memasang widget navbar cantik ini ke blog anda, selain dari WIBIA. Bagi ente-ente yg udah ngilangin Navbar warisan turun temurun dari blogspot dapat memasang Navbar Apture ini.
dan bagi yg belum menghapusnya,saya sarankan untuk menghapusnya sekarang juga,saya kasih waktu 4 menit,cepat!!,lho kok jadi nakutin gini ya?hehe.
untuk demonya anda bisa liat di tempat dimana biasanya anda melihat seekor navbar di blog saya.
tapi ingat,navbar ini hanya akan terlihat jika anda scroll-kan ke bawah,karena makhluk ini agak pemalu kali ye?hehehe
Okelah qalo begito, kita tu de poin aja yah,

1. masuk ke website Apture (disarankan untuk berniat silaturahim,buat nambah" pahala dikit)
2. Isi alamat Blog ente serta alamat email yang valid.
3. Isi judul, title blog kamu atau apapun terserah kmu.
4. Modifikasi warna dari Apture tersebut.
5. lalu klik Get My Bar.

maka akan menculah html-nya yang bisa kamu copy paste ke blog sobat,caranya gimana?
yah,uda gede gini masih nanya?
gini nih bang..

1. Sign In ke blogger.com
2. klik Tata Letak kemudian Edit HTML
3. Cari kode </body>
4. Letakkan kode Apture diatas kode no.3

Selesai dan lihat hasilnya di blog kamu



contact us

Posted by Maulana Sp on Sabtu, 17 Juli 2010 , under | komentar (2)



Apabila elo punya saran, kritik, pertanyaan, komentar silakan reply sebagai komentar di post ini untuk sementara
..........